Meninggalkan Jejak

Sepotong kesempatan waktu untuk meninggalkan jejak bahwa pemilik blog ini masih hidup dan belum frustasi..cuma mau update satu misi pribadi saya yang mungkin agak aneh, tapi bagi saya tetep memiliki makna tersendiri, yaitu MENINGGALKAN JEJAK DI 1/2N + 1 PROVINSI DI INDONESIA SEBELUM KELUAR NEGERI DENGAN BIAYA SENDIRI. Artinya saya harus menginjakkan kaki di (1/2 X 34)+1=18 Provinsi.Motifnya sederhana, cuma biar ga malu kalo ketemu bule, dia udah pernah kemana2 di indonesia, eh saya malah belum pernah..mungkin bagi sebagian orang berlebihan, toh ga ngerugiin orang lain ini. Berikut update provinsi yang sudah saya jejaki per 25 Agustus 2013

Gambar

Baca Selengkapnya

Draft Konsep Forum Pemuda Pariwisata Indonesia (PemPar)

Dokumen ini merupakan draft konsep forum yg ingin dibentuk, yg coba saya share disini selain kepada teman2 pemPar yg sudah bergabung di twitter @Pempar_ID atau grup facebook: Pemuda Pariwisata Indonesia . hanya berusaha menyebarkan ide dan diskusi, setidaknya ini bukan dokumen rahasia .silahkan ditangggapi atau disebarkan..hanya mungikn nantinya terus direvisi.

Baca Selengkapnya

Update April 2013 Daftar Universitas dan Akreditasi Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota (Teknik Planologi) di Indonesia

No. WIL Tk. Perguran Tinggi Program Studi Peringkat

1

4

S1

Institut Teknologi Bandung (ITB)

Perencanaan Wilayah dan Kota

A

2

4

S2

Institut Teknologi Bandung (ITB)

Perencanaan Wilayah dan Kota

A

3

4

S3

Institut Teknologi Bandung (ITB)

Perencanaan Wilayah dan Kota

</ Baca Selengkapnya

MP3EI, Kompas pembangunan Ekonomi Indonesia

Pembangunan Ekonomi Indonesia Saat Ini, Konsep vs Implementasi

Setahun sudah MP3EI ( Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia) direalisasikan. Satu bentuk perencanaan utama yang muncul di bulan Mei tahun 2011 atas inisiatif Kementerian Koordinator Perekonomian dalam rangka meningkatkan pembangunan Ekonomi Indonesia. Berbagai tanggapan positif dan negatif muncul dari berbagai kalangan, termasuk mahasiswa.

Sejak dulu semua orang tahu, bahwa negara kita sudah punya blueprint pembangunan yang secara konsep dan teori sudah benar secara ilmiah, dari sejak dulu konsep Repelita yang begitu didengungkan di zaman orde baru, hingga kini berganti menjadi Rencana Pembangunan jangka Menengah maupun Panjang. Kemudian datanglah MP3EI, Pro kontra seketika muncul didalamnya, banyak yang meragukan ini hanya menjadi sekeder dokumen perencanaan bentuk lain yang hanya akan menjadi dokumen di atas kertas lainnya yang menemani dokumen perencaan sentral lainnya yang sudah lebih dahulu muncul seperti Rencana Tata Ruang Nasional, Rencana Pembangunan Nasional,dan lain-lainnya yang begitu baik,ideal, dan menjanjikan.

Baca Selengkapnya

Mahameru (Sebuah curahan akan pesonamu)

Mahameru

(Sebuah curahan akan pesonamu)

Mahameru gagah berdiri

Tak peduli terik mentari

Begitu angkuh ia tampak dari jauh

Begitu hangat saat ia mulai mendekap

Derap langkah kaki setia temani

Tak peduli beban di pundak menggerogoti

Berpeluh keringat basahi bumi

Bermandi cahaya menyeruak belantara

Hangat bara ranting kering berselimut canda

Hilangkan kelu jari-jemari

Ranu Kumbolo pantulkan sinar rembulan

Terangi hati insani

Mentari pagi tersipu malu dibalik bukit

Gradasi hijau kuning padang sabana

Pesona ungu lavender kuning putih edelweis

Layaknya pelangi yang jatuh dibumi

Mereguk nikmat gemericik air

Memancar deras di sela bebatuan sumber mani

Menguji nyali Kalimati dipandu sang purnama

Berpacu melawan sang waktu menaklukan Arcopodo

Menari-nari diatas pasir bersama bongkah batu

Merayap,memeluk erat punggungnya

Gemetar tubuh menahan letih

Sembari terengah-engah bernafas diantara hembusan debu

Ibu, ayah aku telah menjejakan kakiku di puncak abadi

Mencari jati diri bersama keagungan Ilahi

Meruntuhkan kesombongan diri bersama persahabatan sejati

Demi memaknai kehidupan ini

Mahameru 3676 mdpl                                                          

Alhamdulillah,Subhanallah

Untuk Tuhan, Bangsa, dan Almamater

Apa dan Kenapa Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK) / Teknik Planologi (PL) ? Sebuah Refleksi Mahasiswa Tingkat 4

Ya teknik planologi atau perencanaan wilayah dan kota kini namanya.Memang tidak sefamiliar teknik mesin atau teknik elektro,tapi saya cuma mau cerita apa yg saya alamin dan rasain selama hampir 4 tahun kuliah disini. Pertanyaan yg sering muncul ketika masuk pertama pasti apa saya harus jago gambar,belajar apa aja disini,apa enak engganya pas kuliah disini,atau bisa jadi apa gw kalo udah lulus dr PWK.kalo yg laennya mungkin bisa ikut terjawab sambil cerita atau diskusi kali ya..

Baca Selengkapnya

This is Why I Love Tourism

Wisata!ya kata itu sangat menginspirasi saya, entah mengapa setiap mendengar, membaca, atau berdiskusi timbul semangat 45 di dalam benak saya untuk terus berfikir, berimajinasi, dan sampai-sampai di masa UAS seorang yang katanya mahasiswa Institut Terbaik Bangsa yang akademik adalah prioritas nomor satu, lebih banyak memilih untuk membaca halaman demi halaman majalah National Geographic Traveler edisi koleksi yang itupun saya pinjam dari seorang kawan yang juga sama-sama super sekali tertarik dengan wisata dibanding dengan membaca fotokopian catetan milik teman-teman saya yang rajin mencatat waktu kuliah atau baca beratus-ratus slide mengenai pengembangan wilayah atau sistem informasi perencanaan. Ya sebenarnya tidak ada yang salah dengan slide-slide itu, mungkin karena memang magnet wisata telah mampu menarik gelombang pikiran didalam otak saya kali ya.

Baca Selengkapnya

Kuis Wisata Berhadiah ke Pulau Komodo GRATIS

Kuis ini merupakan kuis resmi yang diselenggarakan kementerian Kebudayaan dan Pariwisata Indonesia, melalui situs resminya http://www.indonesia.travel.


Jawab pertanyaan pariwisata Indonesia sebanyak-banyaknya dan ajak teman-teman Anda untuk ikutan kuis ini.

Kumpulkan poinnya dan menangkan wisata ke Pulau Komodo 3 hari 2 malam untuk 5 orang pemenang. Hadiah termasuk tiket, akomodasi, dan uang saku.

Baca Selengkapnya

Taman Nasional Gunung Gede Pangrango

Untuk kesekian kalianya minggu ini kembali teringat untuk mencoba menuliskannya, harus beres. Mumpung lagi libur UAS, tinggal dua mata kuliah lagi ini (padahal Cuma gara-gara kepotong sabtu minggu). Sebenarnya pengen cerita doang gara-gara minggu depan mau kesana lagi bareng anak-anak PL.

Taman nasional ini terletak diantara tiga kabupaten di Jawa Barat, yaitu Cianjur, Bogor dan Sukabumi. Terdiri dari 2 gunung yaitu gunung Gede 2958 m gunung Pangrango 3018 m. Untuk mencapainya yang paling mudah adalah melalui cipanas, yang kemudian dari cipanas tinggal naik angkutan umum menuju cibodas. Karena Cibodas merupakan salah satu jalur pendakian yang paling sering digunakan selain melalui Gunung Putri dan Selabintana. Kami memutuskan untuk mendaki di tanggal 25 desember 2009 yang bertepatan dengan hari natal. Kalo kata si Lutfhi sih kita nemenin Arnold ngerayain natal di puncak gunung. Selain alasan utamanya memang adanya hari libur tanggal segitu,dan kalo pas tahun baru pasti rame banget yang naik. Kami naik berlima, yaitu saya, Lutfhi, Fazil, Adhamaski, dan Arnold. Padahal sebenarnya ada satu lagi yang mau ikut, Adam Pasuna tapi karena dia ngerayain natal bareng keluarga dia gak bisa ikut, sementara si Arnold yang juga ngerayain natal, malah memilih pulang abis ngedaki gunung. Kita-kita yang gak ngerayain mah oke-oke aja naik pas natal itung-itung olahraga.

Baca Selengkapnya

Pacu Lokomotif tanpa asap



Pacu Lokomotif tanpa asap

Suatu ketika di musim liburan semester genap kami mahasiswa sebuah Institut Teknologi milik negara dengan cap gajah duduk yang berlokasi di kota Bandung bersepakat untuk menghabiskan liburan kali ini dengan ala backpacker (bisa dilihat pada postingan sebelumnya maupun akan datang karena tak kunjung tiba waktu yang tepat untuk menuliskanya).  Pada saat itu kami memilih berlibur ala backpacker dan menggunakan kereta ekonomi sebagai moda transportasi karena yang pertama kami ingin merasakan kehidupan masyarakat Indonesia pada umumnya, dan sebagai pemuda yang akan menjadi para pemimpin dan menjadi ujung tombak pembangunan bangsa kami tentunya harus mengenal rakyat dari dekat. Dan tentunya alasan klasik keterbatasan dana yang kami miliki menjadi faktor penting dalam hal ini.

Baca Selengkapnya