Review backpack Jabar – Jateng – Yogya ( Part Kampung Naga )

Bus berangkat dari terminal Cicaheum pukul 7 pagi , perjalalan untuk sampai ke Kampung Naga ditempuh sekitar 3,5 jam perjalanan. Kami memilih kampung naga sebagai tujuan awal perjalanan kami karena merupakan kampung adat yang cukup dekat dengan kota Bandung, serta mudah untuk diakses menggunakan transportasi umum. Setelah memasuki kabupaten Tasikmalaya saya berpesan pada kondektur bus untuk menurunkan kami di tempat yang terdekat menuju kampung naga, setelah beberapa saat kami diturunkan di daerah Salawu, yang merupakan kecamatan dimana kampung naga berada. Perjuangan duduk di bus menggunakan kursi panjang tanpa sandaran karena bus sesak dijejali penumpang akhirnya berakhir juga.

photo di depan tulisan Kampung Naga
Setelah turun dari bus kami ternyata berada tepat didepan pintu gerbang menuju kawasan budaya kampung naga, kami disambut oleh tugu kujang. Dari pinggir jalan utama, kami hanya perlu berjalan kaki untuk masuk kesana. Setelah berfoto di depan tugu, kami disambut oleh seorang bapak yang nampaknya memang ditugasi untuk menyambut para pengunjung, berbarengan dengan kami tenyata disana pun sedang dikunjungi oleh serombongan turis asing. Dan ternyata ketakutan yang saya bayangkan akhirnya terjadi juga, karena kami datang disaat masyarakat kampung naga sedang bermasalah dengan pemerintah daerah mengenai listrik, dimana masyarakat sekitar yang menurut adat hanya boleh menggunakan minyak tanah untuk penerangan merasa kesulitan mendapatkannya setelah ada konversi minyak tanah ke gas. Kalaupun ada harganya pun sangat mahal. Sebagai bentuk protes pada pemerintah kami hanya diperbolehkan untuk melihat kampung naga dari batas sungai luar, padahal sebelumnya kami berniat untuk menginap di sana sambil merasakan bagaimana kehidupan dikampung adat.

tangga menuju kampung nagakampung naga

Walaupun begitu kami masih bisa mengetahui sejarah dan kehidupan masyarakat kampung naga karena sambil melihat-lihat kami ditemani oleh bapak guide yang saya lupa namanya. Ternyata nama kampung naga bersal dari kata “dina gawir” yang artinya terletak di jurang, yang memang kalau dilihat seperti jurang yang dikelilingi hutan yang dianggap keramat bagi mereka. Masyarakat kampung naga hidup dari hasil pertanian yang mereka tanam di lingkungan rumah mereka ataupun dari hasil kerajinan yang dijual pada pengunjung.Dengan bentuk rumah yang khas, didalam rumah mereka terdapat semacam lumbung kecil untuk menyimpan hasil petanian. Sementara siste sosial mereka adalah dipimpin oleh seorang tetua adat, agama yang mereka anut adalah islam yang berakulturasi dengan budaya leluhur mereka. Dan jika ada pemuda yang menikah maka dibebaskan untuk memilih untuk tetap tinggal disana atau diluar, karena mereka tidak boleh menambah atau mengurangi jumlah bangunan yang ada.

cinderamata

tugu kujang

Setelah puas melihat kampung naga, kami akhirnya memutuskan untuk menginap di rumah Alam di Singaparna yang merupakan rencana cadangan. Sebelumnya kami melakukan ibadah sholat dzuhur dulu di masjid sekitar, lalu mencarter angkot menuju singaparna.

About gilangpamungkas

gilangsibolang

Posted on 23 October 2009, in Uncategorized. Bookmark the permalink. 4 Comments.

  1. paling keren cerita yg ini gil.. (kampung naga)..
    suka bgt laah sama foto2 nya..
    bener2 bolang..
    hehe ^^

  2. salam kenal mas gilang pamungkas..saya mau tanya, kalau dari cicaheum, naik bus apa ya? atau barangkali mas gilang tahu, kalau dari jakarta emsti naik bus apa untuk mencapai lokasi yang terdekat dengan kampung naga?
    terima kasih ya…

    • naik bus jurusan bandung-tasik via garut, atau bandung-singaparna. kalo dari jakarta juga sama naik yang jurusan tasik via garut. tinggal bilang sopirnya turun di kampung naga pasti pada hapal, abis itu jalan kaki dikit nyampe

    • naik bus jurusan bandung-tasik via garut, atau bandung-singaparna. kalo dari jakarta juga sama naik yang jurusan tasik via garut. tinggal bilang sopirnya turun di kampung naga pasti pada hapal, abis itu jalan kaki dikit nyampe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: